5 Cara Mudah Menjaga Tekanan Darah Supaya Tetap Normal

5 Beda Anemia dan Tekanan Darah Rendah

Tekanan darah tinggi merupakan salah satu masalah kesehatan yang cukup banyak diderita oleh masyarakat Indonesia. Pasalnya masih banyaknya orang Indonesia yang menyepelekan gaya hidup mereka sehari hari sehingga rentan untuk terkena masalah tekanan darah tinggi ini. Oleh karena itu jika kamu ingin terhindar dari resiko terkena penyakit berbahaya ini harus selalu menjaga tekanan darah supaya tetap normal. 

Pakar kesehatan mengatakan adanya beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memastikan jika tekanan darah tidak melebihi batas normal. Berikut dibawah ini 5 cara mudah menjaga tekanan darah supaya tetap normal diantaranya yaitu :

  • Jogging Di akhir Pekan 

Kebanyakan orang hanya sempat melakukan olahraga di akhir pekan saja karena berbagai kesibukan. Meski begitu pakar kesehatan mengatakan jika hal tersebut jauh lebih baik daripada tidak melakukan olahraga sama sekali. Jika kamu rutin disetiap akhir pekan melakukan jogging  maka akan membuat tekanan darah terjaga supaya tetap normal. 

Fakta tersebut terungkap dari adanya sebuah penelitian yang dilakukan oleh Copenhagen City Heart, Denmark. Didalam penelitian tersebut dilibatkannya partisipan sebanyak 20 ribu mulai dari usia 20 hingga 93 tahun. Dimana hasil penelitian tersebut mengatakan jika dengan hanya melakukan jogging diakhir pekan saja maka sudah dapat membantu memperlancar sirkulasi darah, proses penyerapan oksigen menjadi meningkat, dan membuat tetap normalnya tekanan darah.

  • Dengan Rutin Mengkonsumsi Yoghurt 

Sebenarnya yoghurt ini lebih dikenal sebagai makanan untuk diet. Padahal didalam kenyataannya makanan yoghurt ini cocok dikonsumsi oleh siapa saja, termasuk oleh mereka yang sehat dan ingin menjaga tekanan darahnya supaya tetap normal. Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan di University of Minnesota, AS dihasilkan sebuah fakta jika mengkonsumsi satu cangkir yoghurt saja didalam sehari maka dipercaya akan mampu menurunkan tekanan darah. Dengan mengkonsumsi yoghurt secara rutin maka akan dapat membantu menurunkan resiko terkena hipertensi sebanyak 31 %. Hal ini pastinya dapat membantu mencegah terkena masalah hipertensi secara efektif. 

  • Dengan Rutin Mengkonsumsi Pisang

Jika ingin menjaga tekanan darah normal maka selain yoghurt, kamu juga sangat disarankan untuk mengkonsumsi pisang. Berdasarkan sebuah hasil penelitian yang dipublikasikan didalam British Medical Journal Online dikatakan jika pisang dapat membantu menjaga keseimbangan cairan didalam tubuh sekaligus dapat menurunkan tekanan darah dengan efektif, pasalnya pisang ini mengandung kalium yang tinggi. 

  • Tidak Merokok Lagi 

Salah satu penyebab utama yang menjadi penyebab tingginya kasus tekanan darah tinggi dan masalah jantung di Indonesia adalah karena masih banyaknya masyarakat Indonesia yang merokok. Hal tersebut dikarenakan asap rokok yang mengandung racun telah terbukti dapat merusak pembuluh darah dan dapat meningkatkan tekanan darah. Tidak hanya perokok aktif saja yang rentan mengalami masalah tekanan darah tinggi, karena mereka para perokok pasif juga rentan terkena gangguan kesehatan yang sama. Oleh karena itu untuk menjaga kesehatan maka sebaiknya menghindari asap rokok.

  • Mengurangi Kebiasaan Kerja Lembur 

Adanya sebuah fakta yang terungkap dari sebuah penelitian yang dilakukan di University of California, AS. Dimana dihasilkannya sebuah fakta jika kebiasaan bekerja lembur akan membuat kamu menjadi kurang gerak, tidak menerapkan pola makan sehat, dan jarang berolahraga. Selain itu akan semakin tingginya jumlah hormon stress didalam tubuh. Padahal hormone ini secara signifikan akan meningkatkan tekanan darah. 

Selain itu masih ada cara mudah lain untuk menjaga tekanan darah supaya tetap normal yaitu dengan mengurangi mengkonsumsi kafein.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *