Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Beli Tiket Kereta Online Untuk Mudik

Hingga kini, kereta api masih menjadi salah satu transportasi umum yang menjadi andalan bagi masyarakat Indonesia. kehadiran kereta api memberikan bukti dengan menawarkan kemudahan bagi yang ingin bepergian dengan harga yang murah namun tetap nyaman. Apalagi dengan pemandangan alam seperti sungai, gunung dan hutan, yang bisa dilihat sepanjang perjalanan. Menjadi keunggulan tersendiri menaiki kereta api. Apalagi untuk masalah mudik, anda bisa mengandalkan kereta api. Anda tak perlu takut macet dan sampai di kampung halaman tidak sesuai rencana. Dengan menggunakan kereta api, anda akan tiba tepat waktu di rumah dengan nyaman dan aman. Untuk menggunakan transportasi kereta api, tentunya terlebih dahulu anda harus mempunyai tiket atas nama anda sendiri terlebih dahulu. Jika dulu anda harus rela mengantri di stasiun untuk membeli tiket, namun kini anda bisa beli tiket kereta online dengan mudah. Tak hanya dari website PT KAI resmi. Namun sudah banyak website beli tiket kereta online yang menawarkan pemesanan tiket kereta api dengan mudah dan cepat. Namun meskipun begitu, perhatikan hal-hal di bawah ini sebelum membeli tiket kereta api.

 

  • Jangan Tunda Pemesanan Tiket

 

Banyak orang yang sengaja menunda pembelian tiket kerta api karena menganggapnya belum tersedia pada saat tersebut. Dan akhirnya mereka melakukan pemesanan tiket ketika sudah mendekati tanggal keberangkatan. Jika demikian, ujung-ujungnya pun anda juga bisa beresiko kehabisan tiket. Padahal PT KAI sudah membuka penjualan tiket untuk mudik H-90 sebelum Lebaran tiba. Itu artinya, anda bisa melakukan pemesanan tiket 3 bulan sebelum tanggal keberangkatan anda. Dan ketersediaan tiket ini berlaku baik penjualan offline maupun online. semakin awal anda memesan tiket, maka semakin besar kemungkinan anda mendapatkan tiket kereta api mudik anda. jika anda berencana untuk pulang kampung dengan menggunakan kereta, maka pastikan tanggal keberangkatan anda. Dan beli tiket sedari awal untuk menghindari kehabisan tiket.

 

 

  • Isi Identitas Dengan Benar

 

Saat melakukan pemesanan tiket kereta, calon penumpang diwajibkan untuk mengisi data diri dengan benar dan lengkap. Dan jika sampai terjadi perbedaan antara data diri penumpang dan kartu identitas yang dimilikinya. Maka tiket kereta api tersebut dianggap hangus, sehingga tidak bisa digunakan. Sehingga pastikan jika anda mengisi data diri yang sesuai dengan kartu identias, baik itu KTP/SIM. Jangan lupa untuk mengecek sekali lagi data diri anda sebelum akan membeli tiket kereta api.

 

 

  • Pesan Tiket Melalui OTA (Online Travel Agent)

 

Untuk berburu tiket kereta api, anda tak hanya bisa mengakses website resmi dari PT KAI. Anda juga bisa membelinya secara online melalui Online Travel Agent yang mana bekerja sama dengan PT KAI. Sehingga anda hanya perlu mengunduh aplikasi mobil OTA tersebut pada smartphone anda. Darisana anda bisa melakukan pemesanan tiket dengan mudah dan cepat. Masing-masing OTA memiliki kelebihannya masing-masing yang pastinya menjamin pengguna bisa memesan tiket dengan efisien.

 

  • Cek Promo Tiket Yang Tersedia

 

Untuk mendapatkan tiket dengan harga terbaik, anda bisa mengecek ketersediaan promo yang ada dan berlaku sebelum melakukan pemesanan. Biasanya PT KAI maupun Online Travel Agent selalu menawarkan banyak promo menarik pada kurun waktu tertentu. Anda bisa mendapatkan informasi-informasi mengenai promo tersebut dengan mengikuti sosial media maupun berlangganan newsletter dari PT KAI maupun OTA.

 

Bagaimana? Mudah bukan membeli tiket secara online. kini anda tak perlu bingung maupun mengantri lagi untuk membeli tiket kereta api. Cukup beli dari smartphone anda saja, anda bisa mendapatkan tiket kereta api dengan harga terbaik untuk mudik lebaran nanti.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *