Tahap dan Biaya Renovasi Rumah Sederhana

renovasi rumah

Renovasi rumah dibutuhkan untuk memperbaiki atau bisa juga dengan tujuan untuk menambah ruangan dan memodifikasi sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Dalam kondisi mendesak renovasi rumah untuk perbaikan bisa mengandalkan pinjaman uang agar kerusakan tidak lebih besar.

Agar biaya renovasi rumah terkontrol ada beberapa tahapan yang perlu diketahui. Dengan demikian biaya renovasi rumah sesuai dengan rencana yang sudah dianggarkan. Berikut ini adalah tahapan secara umum bagaimana merenovasi rumah dengan rencana yang terukur.

  1. Perhitungan Biaya Renovasi Rumah

Tahap perencanaan ini sangat penting. Kamu perlu menghitung komponen biaya secara keseluruhan mulai dari harga bahan baku, harga tukang, harga peralatan tukang, hingga perhitungan harga tak terduga.

Riset harga bisa dilakukan secara online. Namun, perhitungan tersebut merupakan perhitungan kasar. Ada juga yang sudah memperhitungkan biaya renovasi rumah dengan metode borongan. Umumnya dihitung per meter persegi dari rencana renovasi yang akan dilakukan.

Hitungan tersebut sudah termasuk semua komponen biaya.Sebagai contoh harga renovasi rumah Rp2,5 juta per meter. Jika luas bangunan yang ingin direnovasi 10 meter persegi artinya dibutuhkan biaya paling tidak sebesar Rp25 juta.

  1. Perhitungan Bahan Baku

Harga bahan baku sangat dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya. Kenaikan harga bahan baku secara tiba-tiba karena kelangkaan barang pun perlu diantisipasi dengan baik.

Harga bahan baku sudah harus diperhitungkan mulai dari harga pokok barang, harga pengiriman, dan harga bongkar muat. Karena untuk wilayah tertentu biasanya ada ongkos tambahan untuk bongkar muat apalagi jika berada di perumahan yang ketat perizinannya.

  1. Perhitungan Ongkos Tukang

Biaya pekerja harus diperhitungkan dengan jumlah pekerja dan kebutuhan proses pengerjaan. Semakin lama proses pengerjaannya semakin besar ongkos tukang yang dibutuhkan. Inilah bedanya ongkos borongan dan harian.

Jika menggunakan ongkos borongan, kamu tidak perlu repot lagi menyediakan makan dan uang rokok. Sementara ongkos harian memang lebih murah tetapi ada biaya lain yang perlu disediakan seperti makanan ringan, makanan berat serta biaya kopi dan rokok.

  1. Cara Hemat Renovasi Rumah

Untuk menghindari kesalahan dalam perhitungan renovasi rumah, kamu bisa berkonsultasi dengan konsultan pekerjaan rumah. Mereka akan menghitung kebutuhan biaya keseluruhan secara mendetail.

Bahkan kamu bisa meminta skema dengan beberapa kualitas material mulai dari material bahan baku standar hingga premium. Dengan begitu proses perhitungan perencanaan bisa dilakukan secara akurat oleh konsultan yang berpengalaman.

  1. Gunakan Pinjaman Uang

Biaya renovasi rumah kadang-kadang bisa saja meleset dari rencana yang sudah dibuat. Tidak perlu khawatir jika kekurangan dana, yang penting renovasi rumah bisa dilakukan secara tuntas agak pekerjaan sebelumnya tidak sia-sia.

Salah satu sumber dana yang bisa diandalkan adalah mengajukan pinjaman uang melalui fintech seperti Kredivo yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kredivo merupakan layanan kartu kredit digital yang memberikan kemudahan konsumen untuk belanja online maupun offline dengan metode pembayaran cicilan.

Selain itu, Kredivo juga memiliki fitur pinjaman bagi pengguna akun premium. Ada dua pinjaman uang yang bisa dipilih yaitu pinjaman mini dan pinjaman jumbo dengan kredit limit hingga Rp30 juta.

Deskripsi Pinjaman Mini Pinjaman Jumbo
Jumlah Pinjaman Rp500 ribu – Rp1 Juta Mulai dari Rp1 juta
Bunga 2.95% per bulan 2.95% per bulan
Tenor 30 hari 3 dan 6 bulan
Biaya admin di awal 6% 6%

Dari tabel tersebut, kamu bisa memanfaatkan salah satunya untuk membantu biaya renovasi rumah dengan cicilan yang ringan. Selama masih ada kredit limit tersedia, dapat digunakan untuk tambahan biaya renovasi rumah.

Proses pendaftaran bisa dilakukan secara instan dan online hanya melalui aplikasi Kredivo yang dapat diunduh melalui App Store maupun Google Play Store.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *